PEMALANG – Yayasan Scleroderma Indonesia bekerjasama dengan Akademi Kebidanan Bhakti Pertiwi Pemalang menyelenggarakan Seminar Awam dengan tema Scleroderma, Si Kronik yang Mematikan. Seminar awam yang diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2017 tersebut diadakan dengan tujuan memperkenalkan dan memberikan edukasi tentang penyakit Scleroderma dikalangan masyarakat. Bertempat di Auditorium Akbid Bhakti Pertiwi Pemalang, seminar dihadiri oleh kurang lebih lima puluh peserta dan undangan, berasal dari kalangan profesional, mahasiswa dan pelajar.

“Scleroderma lebih banyak menyerang wanita dibanding pria. Salah satu alasan inilah yang membuat kami pada akhirnya bekerjasama dengan sekolah-sekolah kesehatan, seperti akbid, akper untuk penyuluhan tentang Scleroderma”, ujar sekretaris Yayasan Scleroderma Indonesia, Egi.

Ditemui usai acara, Nunung Nugroho, salah satu dosen Akademi Kebidanan Bhakti Pertiwi juga menerangkan “ Acara ini sangat bagus sekali, mengingat bahwa kami sebagai dosen yang berkecimpung dalam dunia kesehatan baru pertama kali ini mendengar ada penyakit Scleroderma, yang ternyata berkaitan juga dengan perempuan dan disiplin ilmu yang kami ajarkan pada mahasiswa”.

Antusiasme peserta terlihat pada saat sesi tanya jawab, banyak dari peserta yang tertarik mengetahui informasi yang lebih detail tentang penyakit Scleroderma ini.

“Seminar ini bermanfaat sekali untuk saya. Kebetulan baru sekali ini dengar yang namanya penyakit autoimun, terutama Scleroderma, dan ternyata masih tergolong langka juga. Kami senang juga bisa melihat dan ketemu langsung dengan penderitanya”, ungkap Azmi, salah satu peserta dari salah satu SMA Kesehatan di Pemalang.

Admin-