SEMARANG – Dalam rangka memperingati World Lupus Day, RSUP dr. Kariadi Semarang bekerjasama dengan PESLI Cabang Semarang mengadakan Seminar Awam Penyakit Autoimun. Yayasan Scleroderma Indonesia diminta untuk ambil bagian dalam acara yang yang diselenggarakan pada 6 Mei 2017 di Gedung Diklat RSUP dr. Kariadi Semarang tersebut.

Beberapa materi yang dipaparkan dalam seminar awam tahunan ini adalah Kelainan Darah pada Lupus yang dipaparkan oleh Prof. dr. C. Soeharto, SpPD-KHOM, Penyakit Autoimun pada Dewasa oleh dr. Bantar Suntoko, SpPD-KR, Lupus Nefritis oleh Dr. Dr. Resteriningsih, SpPD-KGH, Lupus pada Anak yang dijelaskan oleh dr. Westiani, M.Si.Med, SpA(K), Aspek Kejiwaan pada Penyakit Autoimun oleh dr. Soesmeyka Savitri, SpKJ, dan Manifestasi Kulit pada Scleroderma yang dipaparkan oleh dr. YF. Rahmat S, SpKK.

“Acara ini sangat informatif sekali untuk saya sebagai orang awam. Saya mengantarkan teman saya yang sakit autoimun juga. Saya jadi ikut teredukasi, bahwa ternyata penyakit autoimun sama bahayanya dengan penyakit kronis lainnya”, tutur Risti, salah satu peserta seminar.

Acara yang berlangsung setiap tahun ini dihadiri oleh para praktisi kesehatan, pasien dan keluarga pasien se-Jawa Tengah dan sekitarnya. Pembahasan mengenai penyakit Lupus adalah pembahasan utama dalam seminar awam ini, mengingat bahwa penderita Lupus di Jawa Tengah jauh lebih banyak dibandingkan Scleroderma.

Admin-